Papua Sport

Siapkan Karateka Profesional, 43 Karateka Akan Diuji Kemampuan

Administrator | Selasa, 09 Mei 2017 - 16:57:11 WIB | dibaca: 258 pembaca

JAYAPURA,- Sebanyak 43 karateka Kushin Ryu M Karate-Do Indonesia (KKI) Dojo Universitas Cenderawasih Jayapura akan diuji kemampuannya. Materi yang akan di uji oleh 5 Penguji yakni Kihon Dasar, KATA, IPON Kumite, Jujitsu Kushin Ryu, Kumite dan materi umum lainnya.

“Kami akan menguji kemampuan kohai menguasai teknik dan KATA Kushin Ryu yang di ajarkan selama hampir setahun berlatih,” jelas Ketua Panitia Gashuku dan Ujian Kyu Dojo Universitas Cenderawasih Handre Rahman, Minggu (7/5) kemarin.

Pelaksanaan Ujian kenaikan tingkatan KYU akan di awali dengan Gashuku atau penyeragaman gerakan secara bersama di lanjutkan dengan ujian tertulis pengetahuan umum tentang sejarah karate dan istilah karate.

Handri Racman menambahkan Seluruh peserta akan menjalani ujian fisik dengan lari minimal 1 kilo meter dan melintasi sejumlah rintangan alam. Hal ini bertujuan untuk menguji mental dan daya tahan tubuh yang selalu siap dalam segala cuaca. “Kami akan menguji mental para kohai dengan medan rintang dan cuaca ekstrim,” tambahnya.

Sementara itu, Pelatih Dojo Universitas Cenderawasih Amon Kosay, S.Kom mengatakan ujian kenaikan tingkatan merupakan program rutin Dojo dalam rangka mengukur kemampuan dan pengetahuan kohai/murid selama berlatih 6 bulan lamanya.

Tidak hanya itu, target dari ujian ini bertujuan untuk mengukur mental dan fisik karateka dojo uncen untuk menyabet sabuk sebagai jati diri kohai.

“Untuk memperoleh sabuk lebih tua kohai wajib melewati sejumlah tahapan yang di uji oleh para seniornya dan sabuk yang di berikan meeupakan kehormatan dan menujukan jati diri karateka tersebut” tegas Kosay yang juga mantan atlet pelatnas.

Pelatih Kepala Dojo Uncen, Jorsul Sattuan SH juga menambahkan ujian yang di lakukan merupakan satu rangkaian untuk menyiapkan atlet karate yang profesional yang akan mengharumkan nama Provinsi Papua di tingkat nasional. “Kami dojo uncen tidak sedikit mengorbitkan karateka terbaik yang banyak mengharumkan papua di tingkat nasional” ungkap Jorsul pemegang DAN III Karate-Do. [Djarwo]










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)