Nasional

Rapat Bahas PON XX Digelar Usai Jokowi ke Papua Pekan Depan

Administrator | Rabu, 10 Mei 2017 - 09:36:14 WIB | dibaca: 159 pembaca

JAYAPURA,- Rapat terbatas antara pemerintah Papua dengan Kementerian/Lembaga terkait, guna membahas persiapan pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua bakal digelar usai kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Bumi Cenderawasih pada pekan depan.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua, Muhammad Musa’ad kepada pers di Jayapura, Kamis (6/4). Meski demikian, Musaad mengaku sampai saat ini belum menerima undangan dari Sekertaris Negara untuk rapat yang rencananya akan digelar di Jakarta tersebut. “Sesuai instruksi Presiden minggu ketiga bulan ini, tapi sampai saat ini kita belum dapat kabar dari Sekertaris Negara,” aku Musa’ad.

Ia menjelaskan, salah satu agenda yang masuk dalam pembahasan pada rapat terbatas kali ini adalah menyangkut pembiayaan PON di Papua. “Pada prinsipnya masterplan PON sudah selesai, dan akan kita paparkan di depan Menteri Keuangan, PU,  Kemenpora maupun Bappenas,” bebernya.

Instruksi Jokowi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada  Gubernur Papua Lukas Enembe untuk segera melakukan rapat terbatas dengan kementerian/lembaga. “Saya sudah ampaikan kepada Bapak Presiden berkaitan dengan Persiapan Pelaksanaan PON XX di Papua, dan beliau (Presiden-red) sampaikan untuk segera melakukan koordinasi dengan kementerian terkait,”  ujar Gubernur kepada pers usai melakukan pertemuan di Istana Merdeka Jakarta, belum lama ini.

Menurut Gubernur Enembe, rapat terbatas yang rencananya akan dilaksanakan di Jakarta, akan melibatkan Pemerintah Provinsi Papua, KONI, Bupati Mimika, Jayapura, Kota Jayapura, Jayawijaya dan Biak. “Intinya kami sudah laporkan kesiapan pembangunan venue yang dibiayai dari anggaran ABPD Papua, dan sampai saat ini progresnya dalam tahap pembangunan maupun rehap,” ujar Gubernur.

Ia memaparkan, dari lima Kabupaten/Kota yang akan menjadi tuan rumah PON, Kabupaten Mimika yang paling siap. Karena pembangunan Mimika Sport Centre yang terletak di SP 5 Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, sudah selesai 100 persen dan siap digunakan. “Mimika Sport Centre dibangun oleh PT Freeport Indonesia sejak tahun 2014, standarnya Internasional. Sebagian besar cabor akan dipertandingkan di Mimika. Karena venus ada yang indoor maupun outdoor,” jelasnya.

Gubernur menambahkan, beberapa fasilitas lain sementara ini dalam tahap renovasi maupun bangun baru. “Beberapa Proyek Multiyears PON sudah Ditenderkan, harapan saya akhir tahun 2018 itu sudah selesai dibangun,” harapnya.

Sementara itu lanjut Gubernur, untuk pembangunan stadion utama untuk pelaksanaan PON XX Tahun 2020 akan dibangun bulan April. “Untuk stadion utama, bulan depan sudah mulai dibangun. Tendernya sudah selesai dan dikerjakan oleh perusahaan BUMN yakni PT. PP,” katanya. [Riri]










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)