Nasional

Pemerintah Siapkan Aturan Atlet Tingkat Dunia Dilarang Turun di PON

Administrator | Sabtu, 06 Mei 2017 - 15:16:56 WIB | dibaca: 153 pembaca

JAKARTA - Kemenpora sedang menyiapkan Peraturan Menteri (Permen) yang mengatur penyelenggaraan PON. Salah satu yang disiapkan dalam draf aturan itu adalah larangan atlet tingkat dunia turun di PON.

Draf Permen itu demi melindungi proses regenerasi atlet tingkat nasional. "Selama ini selalu hanya menjadi wacana terus soal pembatasan atlet di PON. Tapi untuk PON mendatang, tidak akan ada wacana lagi," ujar Gatot S Dewa Broto, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Kamis 16 Februari 2017.

Nantinya yang dilarang turun di PON seperti atlet Olimpade dan Kejuaraan Dunia. Contohnya Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni dari angkat besi, serta pemain pebulutangkis seperti Tontowi Ahmad, Pravee Jordan, dan lain-lain.

"Tapi apa saja batasan atlet yang dilarang turun di PON, saya lupa. Namun semua sudah tertera dalam draf Permen itu secara rinci," kata Gatot S Dewa Broto.

Dalam draf Permen itu juga tertera mengenai penyelenggaraa cabang olahraga dalam PON. Semangatnya adalah mengikuti Asian Games yang selalu berkiblat ke Olimpiade dalam penyelenggaraan cabang olahraga.

"Mungkin hanya ada tambahan sedikit cabang olahraga dalam pelaksanaan PON. Sisanya mengikuti cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade," tutur Gatot S Dewa Broto.

Lebih lanjut Gatot S Dewa Broto mengungkapkan draf Permen itu akan dikirim ke KONI Pusat, KOI, Satlak Prima. "Dari situ akan sama-sama dikaji, sebelum nanti ditandatangani Menteri," kata Gatot S Dewa Broto.*Ari DP










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)