Papua Sport

Hari ini KONI Papua mulai tes atlet PON

george kaiba | Jumat, 10 November 2017 - 15:20:36 WIB | dibaca: 458 pembaca

Jayapura, Jubi – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua hari ini, Senin (6/11/2017) menggelar tes awal bagi para atlet yang dipersiapkan menuju PON 2020.

Carol Renwarin, ketua tim tehnik mengatakan, hasil pertemuan bersama Pengprov cabang olahraga (cabor), Jumat (3/11/2017) telah disepakti tes awal dilaksanakan hari ini.

“Tes dilaksanakan sore pukul 15:30 atau jam setengah 4 sore waktu Papua,” kata Carol Renwarin.

Pace rambut putih bilang memang di rapat tersebut ada sedikit miss komunikasi beberapa cabor. “Saya harus tahu bahwa cabang olahraga itu, selama ini atlet mereka ada latihan atau tidak,” katanya.

Ia menjelaskan, hasil tes ini menjadi rujukan. Sebab yang dilakukan adalah tes VO2 Max, sehingga akan terlihat kondisi atlet seperti apa.

Setelah itu KONI menyerahkan kepada pengprov dan selanjutnya atlet direkomendasikan masuk pemusatan latihan atau tidak.

“Hasil tes nama-nama ini nantinya dilihat potensi bagaimana, tetap kita akan melakukan koordinasi bersama pengprov dan tidak bisa kita dari KONI yang mengambil keputusan,” tegas Carol.

Tes VO2 Max merupakan salah satu unsur yang mendukung dalam program latihan, jadi bagaimana kondisi atlet itu akan terlihat saat tes VO2 Max.

Seleksi dibuka untuk umum. Semua eks PON, Pra-PON, Popnas, Pomnas dan Kejurda atau Kejurnas dari setiap cabang olahraga itu tetap dirangkul. Jadi kalau di Kejurnas lalu mendapatkan medali emas, perak,  perunggu, umurnya masih bisa, silahkan datang untuk mengikuti tes ini.

Selesai tes di Jayapura, tim teknis KONI akan turun daerah melakukan tes yang sama. Misalnya untuk wilayah selatan kita pusatkan di Merauke meliputi Boven Digoel, Asmat, Mappi. Begitu juga untuk wilayah Teluk Cenderawasih bisa di Biak meliputi Serui, Supiori, Waropen dan Nabire.

Ketua Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) Papua,  Paul Karma menyambut positif langkah yang dilakukan KONI Papua.

“Tes awal buat para atlet Papua yang dilakukan KONI sangat positif. Hal ini harus direspon semua pihak bahwa KONI sudah mulai pasang kuda-kuda menuju PON 2020,” ujarnya.

Ia mengajak semua masyarakat olahraga mendukung pelaksanaan PON 2020 di Papua. Paul mengajak para kuli tinta yang selama ini setia menginformasikan perkembangan olahraga Papua, maupun persiapan PON XX, terus mewartakan setiap perkembangan buat diketahui masyarakat. (*)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)