Papua Sport

Gubernur Papua: Butuh Dukungan Pihak Swasta Untuk Persiapan Tuan Rumah PON 2020

Administrator | Selasa, 09 Mei 2017 - 16:53:29 WIB | dibaca: 147 pembaca

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua butuh dukungan pihak swasta dalam hal ini Badan Umum Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta yang ada di Papua dalam mempersiapkan sarana dan prasarana Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020. Hal ini disampaikan Gubernur Papua Lukas Enembe kepada pers di Jayapura, Jumat (16/12) siang.

Dikatakan, PT Freeport Indonesia sudah membangun fasilitas venue berstandar Internasional di Kabupaten Mimika. Oleh karena itu, oleh karena itu ia BUMN, BUMD maupun perusahaan swasta bisa mengikuti.”Ya, kalau tidak bisa membangun venue, mungkin saja BUMN maupun perusahaan bisa lakukan pembinaan dan menyiapkan atlet untuk PON,” ucapnya.

Menurutnya, sebagai tuan rumah PON 2020, Papua bukan saja mencari juara. Tapi juga semua bidang harus sukses, seperti ekonomi masyarakat. Oleh karenanya butuh dukungan dari BUMN yang ada di Papua. “Kalau tidak bisa menyiapkan atlet, BUMN bisa menyiapkan masyakarat ekonomi kecil dalam menyediakan souvenir sebagai cenderamata PON,” katanya.

Gubernur menambahkan, dalam pelaksanaan PON di Jawa Barat, Sumber Daya Manusia (SDM) yang direkrut hampir lima ribu orang, namun di Papua hanya dibutuhkan dua ribu orang. “Kenapa kita hanya butuhkan dua ribu, karna PON di Papua hanya dilaksanakan di lima wilayah, berbeda dengan Jawa Barat kurang lebih 15 Kabupaten yang menjadi tuan rumah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua, Muhammad Musa’ad mengatakan penyebaran venue PON sudah masuk dalam masterplan. Menurut Musa’ad, pembangunan venue PON sudah mulai, terutama stadion utama di Kampung Harapan Sentani, Kabupaten Jayapura. Apalagi danannya sudah dianggarkan. “Ya, awal tahun sudah mulai dibangun secara bertahap,” ucapnya.

Terkait dengan keterlibatan BUMN dan BUMD, kata Musa’ad, seperti yang disampaikan Gubernur, BUMN maupun BUMD diharapkan ada kontribusi kepada pemerintah dalam mensukseskan PON di Papua. Misalnya, Bank Papua, kalau selama ini memberikan kontribusi kepada klub Persipura Jayapura, maka diharapkan bisa menyiapkan tim sepak bola PON Papua. Begitupun dengan Bank BNI, kita ketahui selama ini Bank BNI mempunyai klub voli yang dalam beberapa tahun terakhir keluar menjadi juara Pro Liga Indonesia.[Riri]










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)