Berita Foto: Tim Dayung Papua Sabet 2 Emas PON Jabar 2016
Rabu, 03 Mei 2017 - 17:01:08 WIB | dilihat: 275 pengunjung

Liputan6.com, Karawang - Tim dayung Provinsi Papua, menyabet dua emas dalam gelaran PON XIX Jabar, di Situ Cipule, Kecamatan Ciampel Kabupaten Karawang, Selasa (20/9/2016). Dari tiga nomor yang dipertandingkan, dua emas diraih Papua sekaligus merupakan raihan emas pertama Papua selama PON XIX Jabar cabor dayung di Situ Cipule.Peraih medali emas pertama nomor kayak tunggal putri 500 meter bernama Erni Sokoy yang membuat atlet Banten, Sinca Lithasova Yom harus puas meraih medali perak. Kemudian medali perunggu diraih atlet Papua Barat, Lusiana Puadi. Di nomor itu, Jabar tidak ikut berlaga setelah kandas di babak penyisihan.

Di nomor kayak double putri 500 meter, duet atlet Papua, Yoky Helmin Enthog dan Stevani Ibo kembali menyumbangkan emas kedua Papua. Mereka mengandaskan atlet Jawa Timur (Jatim), Tika Indriyani dan Ririn Puji Astuti yang harus puas dengan medali perak. Di posisi tiga, medali perunggu disabet atlet asal DKI Jakarta, Ayuning Tika Vihari dan Christina K.i emas terakhir, emas disabet atlet Jawa Barat (Jabar) di nomor kayak beregu 4 orang. Atlet Jabar yang turun di nomor ini, Astri Dwijayanti, Yaulana Amalia, Fajriah Nurbayan dan Masripah.

Medali perak di nomor ini diraih Tika Indriyani, Lea Ketty T, Yunita A Kadop dan Ririn Puji Astuti. Lalu medali perunggu diraih atlet Papua, Dorsila Kambubui, Ivon Dike, Vionditha Sokoy dan Emilia Deawu.

Pelatih dayung Jabar Muhammad Suryadi usai melihat anak asuhnya kalah di nomor kayak double putri 500 meter di posisi ke-4 mengatakan, pihaknya sudah memprediksi kondisi tersebut. "Makanya kami fokuskan untuk bisa menang di nomor kayak beregu 4 orang. Di nomor itu, kami gabungkan atlet-atlet yang memiliki fisik bagus dan Alhamdulillah bisa dapat," kata Suryadi.

Di nomor kayak double putri, atlet Papua unggul secara fisik. Mulai dari masa otot hingga topometri. "Otot atlet Papua lebih besar dan topometrinya juga lebih bagus. Makanya wajar kalau di nomor kayak double putri kami kandas," ujar Suryadi.

Meski hari ini Jabar hanya meraih 1 medali emas, atlet dayung Tanah Pasundan tetap merajai klasemen raihan medali dengan total 13 emas, 4 perak dan 3 perunggu. Sedangkan Papua dengan koleksi 2 emas, 3 perak dan 1 perunggu di posisi ke 4.

Di posisi kedua klasemen medali emas diraih Maluku dengan 3 emas dan 2 perunggu. Di posisi 3, DKI Jakarta dengan 2 emas 3 perak dan 1 perunggu